category : berita

PENDAMPINGAN INPUT DATA PROFIL DESA di DESA BAKARAN WETAN KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI

Pati, 27 Juli 2020

                Tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kab. Pati melakukan pendampingan dalam pendataan dan input data profil Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, berdasarkan hasil progres entri data profil desa dan kelurahan Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri per 27 Juli 2020, bahwa Desa Bakaran Wetan belum melaksanakan input profil desa yang meliputi data potensi dan tingkat perkembangan desa.

Data profil desa dan kelurahan dalam penyusunannya merupakan kewajiban desa/kelurahan, yang berguna bagi pemerintah desa, institusi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, bahkan BUMN, BUMD dan perusahaan maupun lembaga swasta lainnya memiliki kepentingan dan bisa memanfaatkan data profil desa.

Data Profil Desa dan Kelurahan meliputi Data Dasar Keluarga (DDK), Data Potensi Desa dan Kelurahan, dan Data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan. Penyusunannya berbasis website online dengan alamat www.prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id, dengan username dan password masing-masing Desa dan Kelurahan.

Manfaat data profil desa dan kelurahan bagi para pelaku pembangunan berguna untuk mendukung pelaksanaan perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengendalian, evaluasi, pelestarian lingkungan, kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan maupun untukpenataan wilayah administrasi pemerintahan. 

Pendampingan dalam penyusunan data profil desa dilaksanakan di Kantor Balai Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana dengan dihadiri oleh Tim Dispermades Kab. Pati, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Juwana, Kepala Desa, Sekretaris Desa beserta seluruh aparat pemerintahan Desa serta Pendamping Lokal Desa.

author : admin_dispermades

created : 27-Jul-2020