Dispermades Gelar Bimtek Input Data Desa di Kecamatan Trangkil

Jumat, 17 Nov 2023 | 13:55:46 WIB - Oleh Administrator


Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Pati baru saja menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) input data profil desa dan kelurahan tahun 2023 di Kantor Kecamatan Trangkil, Selasa (14/11). Dalam Bimtek tersebut, dihadiri oleh 16 perangkat desa se-Kecamatan Trangkil.

Siti Mahmudah, selaku Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) Bidang Pemerintahan Desa Dispermades Pati mengatakan, kegiatan ini merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 12 tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

Disamping itu, juga sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda); Kabupaten Pati nomor 11 tahun 2019 tentang SOTK Pemerintah Desa Bab II Pasa 2 ayat 1 yang mengatakan "Bahwa susunan organisasi pemerintah desa disesuaikan dengan tingkat perkembangan desa dan klasifikasinya jenis desa.

Diharapkan, tiap-tiap desa khususnya di Kecamatan Trangkil nantinya memiliki website yang berisikan data-data desa yang bisa diakses secara online.

"Jadi ini nanti ada gambaran menyelesaikan tentang karakter desa atau kelurahan. Meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa atau kelurahan," ucap Siti.

Dengan adanya kelengkapan data-data tersebut, kata Siti, akan langsung menentukan klasifikasi jenis desa. Apakah termasuk ke dalam desa swasembada, swakarya, atau swadaya.

Siti menambahkan, Bimtek ini merupakan tahap II tahun 2023 yang menyasar wilayah Pati Utara yaitu Kecamatan Wedarijaksa, Trangkil, Margoyoso, Cluwak, Dukuhseti, dan Tayu.

Diharapkan, kerjasama yang baik antara Dispermades dengan pemerintah desa dapat mewujudkan satu data profil desa yang akurat dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

"Jadi ini adalah pendampingan input data ke dalam aplikasi di 6 kecamatan di Kabupaten Pati. Dapat diketahui tingkat perkembangan desa seperti bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, keamanan, lembaga masyarakat, serta kinerja pemerintah desa," tutupnya